Cara Sukses Pengusaha Tionghoa

Cara Sukses Pengusaha Tionghoa
Orang Tionghoa memang dikenal dengan kepintarannya dalam dunia perdagangan. Hal ini juga di dukung dengan kemampuan menyebarluaskan dagangannya melalui jalan hidup di perantauan dan kerap kali di anggap bertangan dingin dalam berbisnis. Di balik itu semua, para pedagang Tionghoa ini secara rahasia memiliki cara sukses sebagai pengusaha di bidang perdaganganan, lho. Seperti apa rahasia jitu nan ampuh ala Tionghoa satu ini?

Berikut ulasan detailnya!


Terlibat sejak dini
Membawa dan melibatkan keluarga sejak dini merupakan suatu hal yang lumrah di berbagai kalangan pebisnis Tionghoa. Karena prinsip utama mereka ialah bergantung pada peribahasa jika seorang ayah membuka rumah makan, maka semua anak – anaknya akan di tugaskan menjadi pelayan, dan sang istri akan menjadi kasirnya. Prinsip dasar ini memiliki tujuan agar kelak jika semua anak – anaknya telah beranjak dewasa, maka mereka sudah menguasai seluk – beluk dunia bisnis secara luar biasa dan mampu menjalankannya tanpa keraguan dan kekhawatiran akan gulung tikar. Jadi, jangan anggap bahwa mempekerjakan anak Anda dalam bidang usaha Anda menjadi salah satu tindakan ilegal ya, tetapi ada sisi positif kepada tingkat pengetahuan bisnis Anak yang diajarkan untuk mampu menghadapi kerasnya kehidupan saat ia beranjak dewasa nantinya.


Administrasi dan pembukuan yang baik
Cobalah untuk memperhatikan bahwa salah satu cara sukses pengusaha Tionghoa adalah perhatian khusus mereka terhadap ketersediaan stok barang dagangan. Mereka akan sangat jarang terlihat kehabisan bahan – bahan baku di toko yang mereka jalankan. Mengapa demikian? Sebab, para pengusaha Tionghoa menerapkan sistem administrasi barang yang cukup baik dan terorganisir. Dengan begitu, maka segala alur perekonomian terhadap bisnis yang mereka jalankan akan tersusun rapi dengan adanya pembukuan secara manual yang baik dan mampu berpengaruah pada lancarnya arus kas dari bisnis tersebut.


Dua puluh persen biaya hidup
Sebelum bisnis benar-benar sukses atau dapat dibilang berpenghasilan tinggi sehingga menjadi kaya raya, orang Tionghoa terbiasa hidup sederhana lho. Mereka biasanya menghabiskan uangnya hanya sebesar 20 persen saja dari keseluruhan penghasilan mereka.