5 Jenis Black Hat SEO yang Wajib Anda Hindari

Trik SEO sangat penting untuk dipahami oleh anda yang terjun di dunia website atau blog. Optimasi mesin pencari seperti ini memang terbukti bisa meningkatkan traffik blog atau website dengan signifikan. Tapi anda harus memastikan kalau anda menggunakan teknik optimasi yang sesuai dengan aturan dan tidak melanggar TOS Google. Jika anda melakukannya, jangan salahkan jika kemudian Google malah memblokir blog atau website anda.


Melakukan teknik optimasi yang dilarang oleh Google lebih akrab dengan sebutan Black Hat oleh para master. Sebagai seorang blogger yang baik, pastikan anda menghindari teknik teknik black hat ini karena akan sangat berpengaruh pada reputasi blog anda. Mungkin anda bisa mencapai page one Google dalam waktu singkat tapi kalau resikonya adalah blokir, untuk apa anda melakukannya?

Berikut ini 5 teknik Black Hat SEO yang wajib anda hindari.

Teknik Doorway Pages
Doorway pages adalah teknik optimasi yang menggunakan keyword khusus untuk sebuah posting dan mengarahkannya pada situs lain. Biasanya situs lain yang dituju adalah situs yang berbeda dari situs pertama. Karenanya dinamakan doorway karena fungsi halaman pertama hanya sebagai pintu yang mengarahkan pembaca sesuai dengan keinginan pembuat link. Ini merupakan salah satu trik black hat SEO yang paling banyak dilakukan oleh para blogger.

Teknik Cloaking
Teknik black hat selanjutnya yang harus anda hindari adalah teknik cloaking. Dengan teknik satu ini mesin pencari akan diarahkan menuju ke situs yang berbeda dari tujuan pencarian sebenarnya. Hal ini sudah tentu melanggar TOS Google dengan keras. Cara melakukannya biasa saja, biasanya seorang blogger atau developer web akan memasukkan script atau kode khusus ke dalam situs. Biasanya teknik cloaking ini diterapkan secara terpisah.

Teknik Keyword Stuffing
Sebagai salah satu aspek SEO, keyword memang sangat penting untuk memaksimalkan traffik blog atau situs anda. Akan tetapi jika kemudian intensitas keyword yang anda masukkan ada konten terlalu banyak, hal ini akan terdeteksi sebagai black hat oleh Google. Dalam memasukkan keyword pastikan anda menggunakan rasio keyword density dengan baik supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam penerapannya.
Seringkali seorang blogger pemula melakukan keyword stuffing tanpa sengaja dengan tujuan ingin meningkatkan performa blog mereka di mata Google. Padahal hal ini sangat tidak direkomendasikan untuk anda. Selain memberikan dampak SEO yang buruk, hal ini bisa menjadi salah satu alasan Google untuk memblokir akun anda. Intinya keberadaan keyword dalam sebuah posting memang baik. Tapi terlalu banyak keyword hingga menumpuk juga tidak baik.

Baca Juga:

4trik-seo-ajaib-yang-wajib-anda-coba-di-blog

tips-mulai-belajar-seo-untuk-bisnis-online/


Teknik Hidden Text
Teknik black hat selanjutnya yang seringkali dilakukan oleh blogger curang adalah hidden text. Biasanya mereka menulis keyword tertentu dalam postingan atau konten yang mereka buat namun mereka menggunakan warna background untuk keyword yang mereka ketikkan sehingga keyword yang disisipkan tidak terlihat. Ini adalah metode black hat yang paling mudah untuk dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Jangan pernah mencoba teknik black hat satu ini jika tidak ingin dbanned.

Spam backlinks
Backlink adalah salah satu pendukung kuat kenapa artikel bisa tembus pada SERP Google dan bertengger pada hasil pencarian di halaman pertama. Akan tetapi sudah tentu tidak semua backlin bisa anda gunakan sebagai sarana pengembangan traffik blog anda. Hanya backlink yang berkualitas dan relevan saja yang benar benar berpengaruh pada blog anda. Menggunakan blacklink spam sama saja dengan melakukan metode black hat SEO yang sangat dilarang oleh Google.