Cara Kerja SEO yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Penerapan SEO atau optimasi mesin pencari adalah aspek yang sangat penting dalam membangun reputasi sebuah situs atau blog. Dalam hal ini, tentunya anda harus benar-benar mempelajari segala hal yang berkaitan dengan optimasi satu ini secara detail dan menyeluruh supaya tidak terjadi kesalahan kedepannya dalam melakukan penerapan optimasi itu sendiri. Seringkali seorang blogger salah dalam memahami konsep optimasi ini.
Agar bisa memahami optimasi mesin pencari dengan baik, tentunya ada banyak hal yang harus anda kuasai terlebih dahulu. Salah satunya adalah cara kerja dari optimasi itu sendiri. Dalam hal ini, ada beberapa metode atau cara kerja dari SEO yang harus anda kenal dan pahami supaya anda bisa memaksimalkan teknik optimasi pada blog atau website anda nantinya.


Cara Kerja Crawling
Metode atau cara kerja SEO yang pertama adalah crawling. Metode satu ini memungkinkan robot google untuk melakukan perayapan pada situs atau blog yang anda miliki. Dalam hal ini, optimasi berfungsi untuk memaksimalkan proses penyerapan tersebut supaya semua halaman web yang ada pada situs atau blog anda benar-benar terserap oleh Google dan bisa segera masuk ke database mesin pencari atau populer dengan sebutan SERP Google.


Cara Kerja Indexing
Cara kerja yang kedua adalah proses Indexing. Terdengar aneh, namun proses ini memang benar-benar terjadi dan dialami oleh situs atau blog yang anda buat di internet. Sederhananya, proses indexing ini adalah proses pengambilan data data dari situs atau blog yang anda miliki untuk kemudian dimasukkan ke dalam database search engine. Data data ini kemudian di masukkan ke dalam SERP dan diidentifikasi dengan kata kunci tertentu.

Baca juga:

1. https://calonpengusaha.com/2019/01/6-fungsi-dahsyat-seo-plugin-yoast-di-platform-wordpress/

2. https://calonpengusaha.com/2019/01/5-trik-seo-abadi-yang-membuat-web-dicintai-oleh-google/


Cara Kerja Processing

Setelah melakukan indexing, situs kemudian melakukan proses processing. Hal ini terjadi ketika seorang user mengetikkan satu kata kunci dalam pencarian. Google akan merespon kata kunci tersebut dan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan. Hasil yang dikeluarkan oleh Google ini didapat dari hasil Indexing yang sudah dilakukan sebelumnya. Inilah alasan kenapa SEO begitu penting bagi blog atau website anda.


Calculating Relevancy
Hasil-hasil yang ditampilkan pada halaman pertama kedua dan ketiga serta seterusnya dari Google adalah hasil yang didapat dari proses calculating relevancy. Proses ini mencari hasil terbaik dari semua konten yang sudah terindeks di Google. Semakin lengkap dan detail konten yang dibuat pada sebuah blog atau situs, akan semakin besar peluang konten tersebut untuk masuk ke halaman pertama Google.


Cara Kerja Retrieving Result
Proses terakhir yang dilakukan oleh sebuah mesin pencari dan SEO adalah dengan membuat summary atau kesimpulan dari hasil hasil yang sudah relevan tersebut. Hal ini dilihat dari pengalaman pengguna yang sudah merasakannya. Jika pengguna terlihat puas dengan berlama lama di dalam situs tersebut maka secara langsung Google akan menaikan rating dari situs atau blog tersebut. Bahkan saat ini ada istilah rank 0 untuk postingan yang benar-benar berkualitas.


Hal ini tidak akan jauh berbeda jika anda menggunakan mesin pencari lain seperti misalnya Yahoo, dan Bing. Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda dan algoritma ini sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian yang muncul. Artikel yang muncul pada halaman pertama Google mungkin tidak akan muncul pada halaman pertama Yahoo atau Bing. Tapi anda tidak usah khawatir, karena Google saja sudah lebih daru cukup untuk pengembangan SEO situs atau blog anda.