Fatal! Ini Dia Kesalahan SEO yang Sering Dilakukan Pemula


Menerapkan SEO atau Search Engine Optimization di dalam blog merupakan hal yang wajib anda lakukan pada saat anda terjun ke dalam dunia blog. Apalagi jika anda berencana untuk mengkomersilkan situs atau blog anda, sudah tentu kebutuhan akan optimasi mesin pencari ini menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan optimasi mesin pencari akan sangat berpengaruh terhadap traffik blog atau situs yang anda miliki.
Perlu anda tahu, sebenarnya penerapan SEO ini tidak terlalu sulit untuk anda praktikkan. Hanya saja seringkali ada kesalahan fatal yang dilakukan oleh para pemula pada saat mereka membuat blog atau situs ini. Kesalahan fatal ini sudah tentu akan membuat blog dan situs anda kesulitan untuk masuk ke halaman pertama Google dan menembus rangking pertama di hasil pencarian. Karenanya anda harus memahami apa saja kesalahan kesalahan tersebut.


Membuat Posting / Artikel Tanpa Melakukan Riset Keyword Terlebih Dahulu
Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan oleh seorang blogger pemula adalah melakukan posting atau membuat artikel tanpa melakukan riset keyword terlebih dahulu. Ini tentu saja merupakan kesalahan fatal yang tidak boleh anda lakukan. Maksimalkan fungsi Google Analytics sebagai sarana riset keyword yang Google berikan kepada anda. Riset keyword ini sangat penting untuk memprediksi persaingan blog anda di mesin pencari.


Tidak Memahami Google Webmaster Tools
Kesalahan selanjutnya yang pemula sering lakukan adalah tidak memiliki pemahaman yang baik terhadap Google WebMaster Tools. Padahal fitur Google satu ini memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan webmaster tools Google akan bisa crawling situs anda dalam tempo yang lebih singkat dan tentunya postingan anda akan masuk ke dalam pencarian Google dalam waktu yang lebih cepat lagi. Trik SEO satu ini wajib anda pahami dengan baik!


Mengutamakan Optimasi Search Engine Tapi Menyepelekan Kualitas Konten
Optimasi SEO yang maksimal namun konten asal-salan? Hal ini sangat tidak direkomendasikan. Bukannya bertahan lama di halaman pertama Google, yang ada anda akan dibanned karena dianggap melakukan Spamming. Kalau sudah begini hancur sudah cita cita anda untuk berkarir di dalam dunia blog dan website. Optimasi memang penting dalam membangun blog atau website. Akan tetapi kualitas konten jauh lebih utama dibandingkan dengan sekedar optimasi.


Memilih Desain Blog yang Bagus Namun Berat di Loading
Seringkali seorang blogger pemula ingin terlihat keren dengan menggunakan template canggih pada blog atau situs yang dia punya. Sah-sah saja jika template tersebut fast loading. Namun jika kemudian template yang canggih tersebut malah berat di loading dan membuat para pembaca menjadi jenuh menunggu, hal ini sudah tentu akan berakibat fatal pada performa blog anda. User experience menjadi drop dan hal ini akan sangat berpengaruh pada skor SEO blog atau situs anda.


Melakukan Keyword Stuffing
Keyword stuffing adalah kesalahan fatal lain yang sering dilakukan oleh para Blogger pemula. Biasanya mereka melakukan ini karena mempelajari keyword density setengah setengah. Keyword stuffing adalah menumpuk satu keyword dalam satu artikel. Misalkan seperti ini, anda hendak membuat satu artikel dengan keyword “pariwisata”. Anda tidak memperhatikan keyword density dan malah menyisipkan puluhan keyword pada satu artikel. Ini tentu saja berakibat fatal bagi blog anda.


Menggunakan Template yang Tidak Mobile Friendly
Kesalahan terakhir yang sering dilakukan oleh para blogger pemula adalah menggunakan template yang tidak mobile friendly. Hampir 70 persen pengguna internet saat ini menggunakan smartphone atau smart mobile sebagai media browsing. Karenanya anda harus menggunakan template yang kompatibel dengan platform satu ini supaya blog atau website anda bisa dinikmati dengan baik. Inilah trik SEO penting yang wajib anda terapkan.

Baca juga:

  1. https://calonpengusaha.com/2019/01/cara-kerja-seo-yang-mungkin-anda-tidak-ketahui
  2. https://calonpengusaha.com/2019/01/4trik-seo-ajaib-yang-wajib-anda-coba-di-blog/
  3. https://calonpengusaha.com/2019/01/4-metode-terbaik-untuk-mempelajari-seo-secara-online/