Hal Sepele Yang Membuat SEO Blog Jadi Rusak


Dalam dunia blog dan website ada banyak sekali aspek yang harus anda perhatikan, supaya bisa bertahan di tengah persaingan yang begitu ketat dengan optimasi SEO blog. Salah satunya adalah SEO atau Search Engine Optimization. Seringkali hal ini juga membuat anda harus berpikir ekstra keras karena optimasi adalah hal yang wajib dikuasai oleh para blogger. Di internet orang berlomba-lomba untuk masuk ke halaman satu Google dengan optimasi SEO.


Demi memaksimalkan SEO seringkali para blogger melakukan berbagai hal rumit. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sampai melakukan black hat atau optimasi SEO blog yang dilarang oleh kebijakan Google. Hal ini tentu saja sangat beresiko karena bisa menyebabkan terjadinya banned oleh Google. Sebenarnya ada hal-hal sepele yang seringkali dilewatkan oleh para Blogger, pada saat mereka terjun ke dalam dunia blogging ini.


Lupa Mengecek Tautan Yang Tidak Berfungsi
Blog yang sudah berumur seringkali menggunakan banyak link baik itu link yang baru ataupun link yang lama. Internal link ataupun eksternal link keduanya bagus untuk optimasi SEO blog. Akan tetapi, jika kemudian terdapat link yang tidak aktif dan tidak bisa diakses pada blog anda, ini adalah kondisi yang sangat merugikan bagi blog yang anda miliki.
Sebagai seorang blogger anda wajib melakukan pengecekan secara berkala terhadap link-link yang ada pada blog anda. Ini merupakan salah satu cara optimasi SEO yang sangat sederhana namun mendatangkan dampak yang luar biasa. Jangan menyepelekan kondisi link dalam blog anda, jika anda tidak ingin kualitas SEO blog anda mengalami penurunan. Lakukan pengecekan dengan menggunakan tools khusus jika memang diperlukan.

“kalau bukan sekarang kapan lagi”

calon pengusaha


Lupa Membuat Judul Yang Jelas dan Menarik
Untuk optimasi SEO blog dari seorang blogger kadang-kadang melakukan banyak trik khusus seperti misalnya menerapkan metode meta tag atau meta deskripsi. Padahal sebenarnya unsur SEO yang paling utama terletak pada judul artikel yang anda buat. Pilih judul yang menarik dan benar benar merepresentasikan isi artikel yang anda buat. Hal ini akan membantu Googlebot untuk melakukan crawling pada situs anda dalam tempo yang lebih cepat.

baca juga:

metode-terbaik-untuk-mempelajari-seo-secara-online

5-tool-pendukung-seo-yang-wajib-anda-kuasai


Gunakan Custom Link Yang Singkat
Untuk judul judul yang anda buat, pastikan setiap link yang ditautkan pada judul menggunakan link link pendek, namun tetap menginterpretasikan judul yang anda buat. Link pendek ini akan membantu untuk memaksimalkan crawling google terjadi dalam tempo yang lebih cepat. Sudah tentu ini akan mendatangkan keuntungan bagi anda dan menaikkan rank blog anda ke peringkat yang lebih tinggi.
Hindari Tautan Berbayar Untuk Promosi Situs
Seringkali seorang blogger menggunakan jasa tautan berbayar untuk melakukan optimasi SEO blog dan meningkatkan traffik blog mereka. Sebenarnya ini tidak dilarang dan malah Google juga menyediakan platform Google Adword untuk anda. Akan tetapi, pastikan anda mengaktifkan fitur atribut ‘rel no follow’ artikel pada tautan tersebut supaya tidak terjadi crash pada situs atau blog yang anda miliki.


Tidak Memata-Matai Kompetisi
Hal selanjutnya yang seringkali dilupakan oleh para blogger pada saat mereka terjun ke dalam dunia blogging adalah tidak memata matai kompetitor mereka sendiri. Sebagai seorang blogger pastinya anda memiliki kompetitor bukan? Anda harus bisa menganalisa apa saja kelebihan dari kompetitor anda dan menerapkannya pada situs atau blog yang anda miliki. Hal ini akan membantu anda untuk memaksimalkan skor dan optimasi SEO blog anda.