Kesalahan Dasar Dalam Penerapan SEO Yang Sering Dilupakan

Memiliki blog dengan traffik yang bagus tentunya menjadi impian setiap orang yag bergelut di dunia maya, maka di perlukan penerapan SEO. Hanya saja untuk memiliki blog yang bagus dan berkualitas ada satu aspek yang harus anda penuhi. Aspek tersebut adalah SEO atau Search Engine Optimization. Dalam Bahasa Indonesia istilah satu ini diartikan sebagai optimasi mesin pencari. Biasanya mesin pencari yang dijadikan target utama para blogger adalah Google.


Penerapan SEO di dalam blog sebenarnya tidak terlalu sulit untuk anda lakukan, jika anda memang sudah memahaminya terlebih dahulu. Akan tetapi, karena waktu yagn terlalu lama, seringkali terdapat kesalahan yang tidak disadari oleh seorang blogger, Sehingga website atau blog yang mereka miliki justru malah mengalami penurunan peringkat di hasil pencarian Google.

Berikut inilah kesalahan kesalahan tersebut.

Website Anda Tidak Fast Loading

Kesalahan pertama yang seringkali tidak disadari adalah web yang tidak fast loading. Memang benar, jika kecepatan loading dari sebuah situs sangat dipengaruhi oleh kualitas jaringan internet yang anda gunakan. Semakin bagus jaringan yang anda pakai akan semakin cepat juga progres loading situs yang anda kunjungi. Dalam hal ini anda harus mengikuti standar terbawak dari jaringan. Jadi buatlah situs anda kompatibel dengan jaringan yang tidak terlalu bagus dan tetap bisa dibuka dengan nyaman.


Tempatkan Blog Pada Direktori Situs


Bagi anda yang terjun ke dalam bisnis jual beli online dan memiliki situs hosting dengan domain TDL, akan sangat pas jika anda menempatkan blog anda pada directory situs dengan ekstensi situsutama.com / blog anda. Jangan menyimpannya sebagai sub domain dan membuatnya jadi blog.situsutama.com. Menempatkan blog sebagai directory dipercaya akan memudahkan situs untuk mengcrawling website anda dalam tempo yang lebih singkat.


Salah Dalam Melakukan Setting Root Domain


Google sangat menghargai situs dengan sertifikasi SSL. Karena itulah saat ini ada banyak situs yang bertransformasi menjadi https meskipun masih ada banyak situs yang membuka akses ke http. Hal ini memang bukan masala besar selama anda bisa menjaga keamanan situs anda. Akan tetapi kondisi seperti ini akan membuat Google mengindentifikasi situs anda sebagai dua website yang berbeda. Hal ini tentu sangat merugikan bagi penerapan SEO blog anda.


Canonical Tag


Kebanyakan blogger lupa untuk menerapkan metode canonical Tag pada blog yang mereka miliki. Hal ini sudah tentu memberikan damapak yang sangat besar terhadap traffik yang mereka miliki. Canonical tag ini berfungsi untuk memastikan kalau situs anda hanya satu dan link dumping lain yang menemani situs anda adalah link sekunder yang hanya digunakan untuk kepentingan penerapan SEO. Jangan sampai Google mendeteksi situs anda menjadi dua situs yang berbeda.

Baca juga:

jenis-jenis-seo-yang-harus-anda-pahami

tips-mulai-belajar-seo-untuk-bisnis-online


Terlalu Banyak Widget Dari Situs Lain


Ini kesalahan lain yang seringkali tidak disadari yakni terlalu banyak widget dari situs lain. Widget yang hanya sebagai pelengkap blog memang membuat blog kelihatan keren. Akan tetapi terlalu banyak widget justru akan mendatangkan masalah bagi anda. Kondisi widget yangterlalu banyak akan memperlambat loading web anda. Pastikan anda mengurangi widget yang tidak perlu dan hanya menerapkan yang benar-benar diperlukan saja untuk performa blog yang maksimal.


Menggunakan URL Panjang


Terakhir seringkali seorang blogger menggunakan URL yang terlalu panjang untuk setiap artikel pada blog mereka. Hal in sudah tentu menjadi salah satu kendala yang tidak boleh terjadi karena URL yang panjang hanya akan membuat Google kesulitan mengindeks situs anda. Gunakan custom link yang pendek saja, supaya situs anda cepat di rangkul oleh google dan masuk ke pencarian utama, maka lakukan penerapan SEO dengan baik dan maksimal.