Wirausaha Muda Mandiri: Yang Emoh Jadi ASN

Wirausaha Muda Mandiri : Yang Emoh Jadi ASNSekuntum bunga agaknya pantas dikirimkan kepada Bank Mandiri. Tak hanya giat menampung dana pihak ketiga dan menyalurkan kredit, tetapi juga aktif menggelar kompetisi Wirausaha Muda Mandiri sejak 2007 silam. Hingga 2016, Bank Mandiri sudah mencetak kader pewirausaha sebanyak 25.000 orang di seluruh Indonesia.Tahun ini pun, Bank Mandiri Region I/Sumatera di Medan pada Senin (27/2) menggelar kompetisi serupa, yang diikuti oleh 20 orang mahasiswa dan alumni dari berbagai kampus di Sumatera. Pilihan anak-anak muda ini menjadi pewirausaha patut dipuji, karena mereka tak ikut arus menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), atau melamar pekerjaan, melainkan mampu membuka lowongan kerja.


Saya sontak ingat Khairil Afryan Syah Siregar. Dia berani berhenti sebagai karyawan Bank Sumut hanya karena kambing. Mulanya, mahasiswa di salah satu kampus di Medan ini bersama dua temannya hanya menyewa lahan untuk penggemukan kambing sejak 2010 silam. Tapi pada 2012, mereka sudah punya lahan sendiri di Tuntungan, Kualanamu dan yang mereka sewa di Pinangbaris. Di situlah kawanan kambing mereka ternakkan dengan merekrut penggembalanya, yakni para anak-anak jalanan.


Pasar kambing mereka basah karena memanfaatkan Hari Raya Kurban serta ibadah aqiqah untuk para bayi. Omzet mereka pada 2010 masih Rp 35 juta menjadi Rp 554 juta per Oktober 2012. Termasuk profit ikut menaik dari Rp 7 juta menjadi Rp 78 juta.


  Khairil adalah seorang dari 8 pemenang lomba Wira Usaha Muda Mandiri pada 2012 di Kanwil Bank Mandiri Regional Office I Medan. Lomba itu diikuti oleh 26 mahasiswa dan alumni dari kampus di Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Riau dan Riau Lautan. Bank Mandiri juga memfasilitasi mereka dengan kredit usaha.


Saya percaya masa depan sebuah negeri akan cepat mencapai masyarakat sejahtera jika kaum entrepreneur mencapai 7% seperti di Singapura dan 5% di Malaysia. Adapun di Indonesia baru mencapai  1,5% dari sekitar 252 juta penduduk Tanah Air. Hayo, ditunggu munculnya Khairil-Khairil baru. (Bersihar Lubis)

Sumber http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/read/2017/02/27/285578/wirausaha-muda-mandiri-yang-emoh-jadi-asn/